April 23, 2021 Kata-kata beracun.  Bagaimana menghindarinya

Kata-kata beracun. Bagaimana menghindarinya

Kata-kata beracun. Bagaimana menghindarinya

Jam Psikologi
Dr. Leli

Tahukah Anda bahwa ada kata-kata beracun? Anda menggunakannya setiap hari, tetapi Anda tidak menyadarinya, karena kami manusia tidak terlalu memperhatikan kata-kata yang digunakan. Saat kita berperilaku berbeda, kata-kata kita juga berbeda. Misalnya, ekstrovert memilih kata-kata yang mengekspresikan antusiasme dan abstrak dalam bahasa sehari-hari, tetapi lebih langsung dalam mengungkapkan keinginan mereka, sedangkan introvert lebih suka berbicara dengan istilah yang lebih konkret dan spesifik menggunakan bahasa yang lebih hati-hati, penuh dengan “mungkin”. dan “mungkin”.
Pada artikel ini saya ingin menunjukkan 10 kata beracun yang harus Anda hindari dalam percakapan apa pun dengan orang lain dan terutama dalam dialog batin dengan diri Anda sendiri.

■ Rasa bersalah. Terkadang kita menggunakan kata ini tanpa menyadari akibatnya
itu ada di jiwa kita. Ini menyiratkan bahwa ada yang salah dengan diri kita, bahwa kita merasa bahwa beberapa karakteristik kita sebagai manusia tidak memadai, yang menimbulkan kecemasan eksistensial yang dalam. Sebaliknya, kita harus menggunakan kata-kata seperti “Saya minta maaf atas apa yang saya lakukan,” yang berarti perilaku kita salah, tapi tidak salah dengan diri kita.
■ Kegagalan. Pada kenyataannya, kegagalan tidak ada, hanya ada pengalaman hidup yang mereka pimpin ke satu arah daripada yang lain. Ketika kita berpikir dalam kerangka kegagalan, itu berarti menganggap bahwa kita telah gagal. Oleh karena itu, ada baiknya mengganti kata gagal dengan istilah yang menggambarkan pengalaman hidup.
■ Tugas. Kata tugas adalah salah satu ungkapan terkuat yang diciptakan oleh masyarakat untuk membangkitkan rasa bersalah dalam diri kita. Banyak orang kehilangan kecantikan mereka karena mereka menggunakan kata “harus” dan bukan “Aku mau”.
■ Tidak mungkin. Ini bukan tentang mengasumsikan positivisme yang naif, tetapi penting untuk bersikap realistis. Namun, kami menggunakan kata “tidak mungkin” lebih dari yang disarankan. Oleh karena itu, lebih baik untuk mulai berpikir dalam kerangka probabilitas daripada menggunakan kata-kata seperti “tidak pernah” atau “tidak mungkin”.
■ Benci. Kebencian adalah salah satu emosi paling jahat yang ada, karena dapat menyebabkan kerusakan yang sangat besar, terutama bagi yang mengalaminya. Jadi cobalah untuk lebih spesifik saat membuat daftar emosi Anda. Apa yang Anda sebut sebagai kebencian mungkin adalah frustrasi.
■ Selalu. Masalah dengan kata ini adalah biasanya keluar dari mulut kita ketika kita mencoba untuk memarahi seseorang: “kamu selalu bersikap seperti itu”, atau ketika kita mencoba untuk membela sesuatu: “Saya selalu melakukannya seperti itu”. Namun, “selalu” adalah generalisasi temporal yang melumpuhkan. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan kata ini dengan sangat hati-hati.

Leliana Parvulescu

■ Tidak pernah. Dan ini adalah kata yang harus dihindari, itu termasuk dalam bentuk
generalisasi temporal, yang dapat menyebabkan kekecewaan besar.
■ Masalah. Kata “masalah” memiliki implikasi negatif, karena kita mengaitkannya dengan rintangan dan kesulitan. Ketika kita memasukkannya ke dalam dialog internal kita, otak kita segera bereaksi dengan memicu semua alarm dan menghasilkan keadaan stres dan kecemasan. Kita dapat mengubah ukurannya, membayangkan bahwa ini sebenarnya adalah sebuah peluang atau kita dapat memilih jalur yang lebih sederhana dan menggantinya secara langsung dengan kata “tantangan”. Bagaimanapun, semua masalah hanyalah tantangan.
■ Cepat atau lambat. Jika Anda salah satu dari orang-orang yang selalu berkata demikian: “cepat atau lambat saya akan melakukannya”, kemungkinan besar Anda telah menunda rencana hidup Anda. Jika kita benar-benar menginginkan sesuatu, kita perlu berkomitmen dan mengembangkan rencana tindakan. Jika tidak, cepat atau lambat itu akan menjadi “tidak pernah”.
■ Coba. Mengatakan bahwa kita akan mencoba melakukan sesuatu sering kali berarti kita tidak cukup percaya diri sehingga kita tidak cukup mampu. Bagaimanapun, itu berarti memulai dengan langkah yang salah. Memang benar bahwa segala sesuatunya tidak selalu berjalan sesuai rencana dan kita tidak selalu dapat mencapai tujuan yang telah kita tetapkan untuk diri kita sendiri, tetapi kita harus mulai dengan sikap yang positif. Jadi hindari berpikir bahwa Anda sedang mencoba sesuatu, lebih baik Anda berpikir bahwa “Anda akan melakukannya”.

Permainan mingguan Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Hadiah spesial lainnya bisa diperhatikan dengan terprogram melewati kabar yg kita sampaikan dalam website ini, dan juga dapat ditanyakan kepada petugas LiveChat support kita yg stanby 24 jam On the internet dapat mengservis semua maksud antara pengunjung. Lanjut langsung gabung, serta kenakan cashback Lotre & Kasino On the internet tergede yang wujud di situs kita.

Tagged on: